Buka Bersama dengan Menkopolhukam

Detik,com – Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno petang ini menggelar buka puasa bersama di lingkungan kementeriannya. Acara buka puasa bersama itu diawali dengan ceramah agama dari Majelis Ulama Indonesia yang salah satunya membahas soal Islam Nusantara.

Dalam acara yang digelar di halaman antara masjid dan gedung utama itu, tampak hadir Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Ketua MUI, Amidhan, jajaran pejabat Kemenko Polhukam dan beberapa perwakilan instansi lain.

Amidhan yang didaulat mengisi teks ceramah agama islam sembari menanti waktu berbuka menyampaikan tiga tema pembahasan seperti metode penentuan satu Syawal, keutamaan Lailatul Qadar dan perihal Islam Nusantara yang sempat jadi perbincangan hangat dalam beberapa bulan ke belakang.

“Yang disebut Pak Aqil (Said Aqil Siradj) itu, ini terkait budaya dan sejarah, memang berbeda di Islam di tempat-tempat lain. Tapi oleh Guru besar UIN Yogyakarta dia menyoalnya, islam itu universal, apa nanti ada Islam Minang Kabau, Jawa Barat dan lainnya,” kata Amidhan dalam ceramahnya, Selasa (14/7/2016).

“Tapi yang dimaksud Said Aqil itu, Islam yang ada di Indonesia berakulturasi dengan budaya Indonesia, lebih ramah ada semacam tambahan dan tidak bertentangan dengan agama. Islam moderat, itu yang kita kehendaki,” sambungnya.

Amidhan menambahkan, ada dua makna islam dari ayat terkakhir yang diturun Allah, yaitu Islam sebagai penyerahan diri kepada Allah dan makna damai yang bersifat horizontal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s